CARA MEMBUAT PIN

jual mesin pin alatpresspin

Untuk pembuatan pin, gantungan hp dan gantungan kunci komposisi cairan likal yang di pakai sama cuma yang membedakan ukuran gambar dan bahan kertas yang dipakai, untuk ukuran pin standarnya 3×4 cm, gantungan hp 3×5, gantungan kunci 4×5, itu untuk ukuran standar yang biasa sy pakai, namun kebanyakan konsumen mereka menentukan ukuranya sendiri terutama untuk gantungan kunci mobil yang banyak pariasi ukuran.

 

Langkah-langkah pembuatan untuk pin/bros :

  • Tentukan gambar yang mau di buat didalam komputer/laptop menggunakan corel (dari katalog atau gambar permintaan pemesan biasanya foto pribadi pake nama).
  • Sesuaikan ukuran dan edit warna supaya lebih terang jangan lupa kasih garis pinggir atu garis batas gambar (out line).
  • Print gambar pada kertas polister (pp) .
  • Diamkan beberapa menit untuk menjaga kualitas gambar (jangan langsul di pegang karena masih basah).
  • Gunting gambar sesuai pola atau garis batas gambar (out line) yang telah di tentukan. Aturan menggunting jangan sampai terputus-putus atau tidak rapih hal ini sangat berpengaruh pada kualitas barang.
  • Susun gambar yang sudah di gunting di atas meja kaca bening atau kaca, kenapa harus kaca? karena untuk menjaga kontur permukaan media supaya datar, media yang dipakai tidak boleh bergelombang.
  • Untuk mengurangi kegagalan dalam proses pembuatan, susunan gambar di atas kaca jangan terlalu dekat (jarak antar gambar sikitar 2-3cm).
  • Selanjutnya cara meneteskan cairan likal ke atas gambar yang sudah di susun di atas kaca, biasanya bagian ini bisa disebut bagian tersulit karena harus terlatih dulu (awalnya saya juga  sering gagal pada proses ini, maklum baru belajar namanya juga proses… tul ga..?) Tetesi gambar dengan cairan likal, untuk batasan ketebalannya sesuaikan dengan lebar gambar, untuk pin yang standar cukup dengan 3-4 tetes likal, jangan lupa cara menetesnya pakai sendok makan.
  • Waktu pengeringan sekitar 8-10 jam.
  • Sudah kering baru tahap berikutnya memasangkan peniti pada pin, gunakan lem lilin untuk perekatnya.
  • Tahap terakhir adalah pengepakan.

Itulah tahapan membuat pin/bros dari bahan likal, untuk tahap awal biasanya sering mengalami kendala pada tahap penetesan cairan likal pada gambar, coba aja terus jangan menyerah!.

Selamat mencoba berpraktek semoga berhasil.

 

2 thoughts on “CARA MEMBUAT PIN

  1. bahan likal itu seperti apa ya Gan? trus kenapa prosesnya lama sekali? saya tertarik utk mencoba membuat pin Gan… bisa minta bantuan tutorial pembuatan dan alat apa aja yang diperlukan? mohon dibantu gan
    mohon dikirimkan detail tutorial pembuatan pin Gan, ini alamat email saya:
    hfkwork_777@yahoo.com

    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s